Thursday, November 17, 2005

3 jam x 2 malam (and counting...)

PC-ku finally arrived last Tuesday.
Malamnya langsung dirakit, berjuang dengan:
  • obeng dan mur/baut (untungnya motherboard spacer sudah included di casing, kalau tidak susah juga krn ukuran ulir spacer & lubang di casingnya belum tentu cocok...)
  • thermal compound (nggak gampang ternyata untuk apply pasta ini ke processor... perlu keahlian sendiri agar bisa rata dan rapi... berhubung gak punya barang itu --- nggak tahu namanya, tapi sejenis dg yg dipakai tukang semen utk meratakan aci-an/semen --- trik lama yg aku pelajari dari Freddi adalah menggunakan obeng utk meratakannya)
  • HSF (masangnya alot banget!)
  • routing cable (banyak juga cable yang ada di dalam, plus ngerouting kabel IDE & floppy -- untungnya HDD sekarang pake SATA, jadi nggak banyak-banyak ribbon cable)
Selesai dalam almost 2 jam. Maklum bukan teknisi komputer.
Eh, waktu mau dipower-on, kabel power untuk monitor kagak ada... yah.... :-(
Jadi dicoba dulu monitornya (LCD 17") dg notebook. Terasa sekali beda ukurannya.

Well, time to call it a day.

The following day, dilanjutkan dengan install WinXP dan drivers dan software dan ... argh... ini juga lama. WinXP sendiri hampir satu jam. BTW, untuk HDD di atas 128 GB, perlu SP2 (or SP1 will do?).

This time, everything seems smooth. Yesterday's installation seems OK too. Processor is running at a nice temperature -- 'round 35-38 degree. Even I can already burn few DVDs.

Jam 12 malam berhenti lagi. Dilanjutkan hari berikutnya install software-software untuk Palm dan migrasi data.

Whew... 3 jam, 2 malam, and counting.
Hopefully, hari ini yg terakhir.

No comments: